Go, humanity last defense…

Anda pasti tahu kalau juara dunia catur paling terkenal sepanjang sejarah, Gary Kasparov, pernah dikalahkan oleh komputer bernama Deep Blue pada tahun 1997. Tahukah juga Anda, bahwa game Checkers sudah “solved” atau semua kemungkinan jalannya permainan sudah diiterasi komputer sehingga hasil terbaik yang bisa diperoleh manusia jika melawan AI checkers adalah seri. Bahkan untuk game Reversi, AI komputer sudah bisa mengalahkan juara dunia manusia dengan mudah dari tahun 1980.

Perlahan namun pasti, komputer dan robot semakin mengalahkan manusia, dan tinggal tunggu waktu hingga kejadian yang ditramalkan di Matrix terjadi.

Akan tetapi, masih ada game yang belum dikuasai oleh komputer, yaitu Go. Besarnya branching factor menjadi salah satu alasan kenapa komputer masih takluk oleh manusia.

Bagi yang ingin belajar cara mainnya, silakan pelajari di sini. versi bahasa Indonesia juga tersedia di sana. Setelah tahu peraturannya dan ingin mencoba bermain, ayo rame-rame main di sini.

Kenapa di flyordie? kenapa bukan di yahoo games atau situs lain? Karena game go di flyordie bisa dibuka di komputer lab fasilkom…. :D

Cyber-slacking di fasilkom semakin asyik.

2 thoughts on “Go, humanity last defense…

    • Saya juga mengalami kesulitan waktu main ke flyordie di siang hari, tapi malamnya saya coba sudah bisa tersambung dan main lagi (walau putus-putus). Apakah java sudah terinstal di komputernya? Selain itu, jika kesulitan menyambung ke situsnya, gunakan pilihan http connection agar tetap bisa diakses walaupun dihalangi proxy.

      Semoga membantu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s