Lego Maze Solving with Java

Pada kesempatan ini saya hendak menunjukkan hasil pekerjaan kelompok untuk mata kuliah robotika yaitu Lego Maze Solving yang diprogram dengan menggunakan bahasa pemrograman Java.

Pada defaultnya, untuk memrogram di robot Lego menggunakan software bawaan dari legonya dan hanya bisa diprogram secara visual, alias drag and drop komponen-komponen logiknya, yang tentunya akan sangat menyulitkan jika kita ingin memrogram sesuatu yang kompleks, seperti mencari rute terdekat dari sebuah labirin. Oleh karena itu, saya dan teman satu kelompok saya (Faris Al Afif, Fahri Nurul Hidayat) menggunakan lejos, yang merupakan firmware pengganti firmware default lego, yang didalamnya terdapat Java Virtual Machine, sehingga kita bisa memrogram lego dengan menggunakan bahasa pemrograman Java, yang tentunya akan lebih mudah dibandingkan drag and drop. Informasi lebih lanjut mengenai lejos bisa dilihat di homepagenya.

Skenarionya adalah, ada dua robot. Yang pertama disebut Hayate, dan yang kedua disebut Kazetora. Hayate bertugas pertama menjelajahi maze-nya dan mencari rute terpendek. Setelah didapat, rute terpendek akan dikirimkan berupa kode ke robot kedua, Kazetora, melalui koneksi Bluetooth. Kazetora pun akan menelusuri maze, namun dengan rute yang sudah dikirim.

Untuk video-nya bisa dilihat di situs Youtube dengan link di bawah ini.

Dan berikut laporannya yang juga berisi cuplikan kodenya.

Laporan Tugas Pengganti UTS – Fukushi Fighter

Semoga bisa menginspirasi siapa saja yang ingin membuat berbagai macam hal menarik lainnya dengan Lego. Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s