Tutorial Latex 1 – Instalasi

Anda telah mengetahui bahwa latex adalah alternatif lain untuk menulis dokumen selain dari Microsoft Word tapi tidak tahu mau mulai dari mana? Beberapa seri tutorial berikut ini akan menjelaskan mengenai cara menggunakan latex mulai dari menyiapkan segalanya hingga selesai, berdasarkan dari pengalaman pribadi penulis ketika mengerjakan tugas akhirnya.

Tutorial ini dimaksudkan untuk sistem operasi Windows karena mayoritas pengguna komputer di Indonesia menggunakan Windows (begitu juga di kampus saya).

Tahap pertama, download MikTex untuk Windows di http://miktex.org/ . Kemudian instal di direktori manapun yang Anda suka.

Setelah ini, sebenarnya latex sudah terinstal dan bisa digunakan. Untuk mengetik file .tex bisa menggunakan text editor apa saja semacam notepad, notepad++, Scite, ataupun text editor bawaan dari MikTEx yaitu TexWork. Tetapi berdasarkan rekomendasi dari pemilik blog sebelah, TexMakerlah yang menjadi pilihan sebagai editor untuk menulis file .tex.

Download TexMaker dari situs yang bersangkutan http://www.xm1math.net/texmaker/. Setelah itu, instal dan jalankan.

Yang berikutnya harus dilakukan adalah mengeset direktori ke tempat diinstalnya latex. Buka lewat menu Options > Configure TexMaker. Pada baris pdflatex ganti ke direktori diinstalnya latex. Contoh “C:/Program Files/MiKTeX 2.9/miktex/bin/pdflatex.exe”.

Selesai. Sekarang Anda sudah bisa membuat dokumen dengan latex. Bingung mau bikin dokumen apa? bagaimana kalau membuat paper untuk jiki? Tutorial berikutnya akan membahas bagaimana cara membuat dokumen dengan latex dengan hasil akhir paper yang bisa dikirim untuk jiki.

Salam.

3 thoughts on “Tutorial Latex 1 – Instalasi

    • Mmmm, saya kurang menangkap maksudnya, tapi tebakan saya, tidak keluar output-nya setelah di-compile.
      Jika kita memakai template dari orang, terkadang di dalamnya ada statement untuk penggunaan package khusus tertentu, misalkan
      \usepackage{amsmath}
      Agar file .tex kita bisa di-compile, maka package tersebut harus diinstal terlebih dahulu. Package biasanya ekstensinya .sty
      Silakan download package tersebut terlebih dahulu di internet atau gunakan miktex package manager.

      Salam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s