ICPR

International Conference on Pattern Recognition (ICPR) 2014 diadakan di Stockholm pada tanggal 24-28 Agustus silam. ICPR merupakan salah satu konferensi di bidang Pattern Recognition dan Machine Learning yang terbesar, selain Neural Information Processing Systems (NIPS) dan International Conference on Machine Learning (ICML) atau saudaranya di bidang Computer Vision seperti Computer Vision and Pattern Recognition (CVPR), International Conference on Computer Vision (ICCV), dan European Conference on Computer Vision (ECCV). Tempat penyelenggaraannya adalah di Waterfront Congress center yang terletak di jantung kota Stockholm

Pada tahun ini penyelenggaranya adalah Uppsala University, Lund University, dan Linkoping University. Kebetulan salah satu chair pada konferensi tersebut adalah professor dari KTH. Maka dibukalah penawaran relawan untuk membantu penyelenggaran konferensi ini kepada semua mahasiswa yang mengambil kelas Image Analysis and Computer Vision tahun 2013 lalu. Karena tertarik maka saya ikut mendaftar menjadi salah satu dari relawan.

Tugas dari relawan antara lain adalah: menjaga registration desk, menjadi guide selama acara konferensi berlangsung, menjaga ruang penitipan jaket (plus tas dan barang lain-lain) atau cloak room, membantu pada sesi presentasi dengan mendistribusikan mic untuk presenter dan pada saat sesi tanya jawab, dan membantu memasang serta melepas poster. Relawan tidak mendapatkan upah, namun memiliki keuntungan bisa mengikuti seluruh kegiatan konferensi, termasuk acara banquet yang konon biaya totalnya bisa mencapai lebih dari 10000 SEK.

conference gears
Conference gears, yang antara lain isinya buku program, name tag, tas, dan flash disk berisi proceeding. Kaus keren eksklusif hanya didapat oleh relawan.

Seperti konferensi pada umumnya, terdapat plenary speech dari invited speaker yang merupakan expert pada bidangnya. Terdapat juga oral session untuk sekitar 200an paper yang diterima dan 600an paper untuk poster session. Sayang sekali saya tidak menemukan orang Indonesia yang presentasi di sini.

20140828_143611
Professor Stan Z. Li dari National Laboratory of Pattern Recognition memberikan plenary speech pada hari terakhir mengenai perkembangan terkini dari face recognition.
poster session
Sesi poster
oral session
Sesi presentasi oral. Yang di kiri belum banyak orang karena belum mulai.

Ada satu poster menarik tentang iris spoofing yang menyebutkan Indonesia di bagian latar belakangnya. Saya ingat ketika mengambil data untuk eKTP salah satu yang diambil adalah iris, tapi belum tahu kalau ternyata teknologi iris recognition sudah dipakai.

indonesia poster

Pada hari ketiga malam harinya diadakan banquet atau gala dinner. Acara diisi dengan penyerahan penghargaan untuk Best Paper dari semua track, serta pengangkatan presiden baru untuk International Association of Pattern Recognition (IAPR).

banquette
Menu santap malam. Pembuka: Marinated Char, Utama: Crispy Duck Breast, Penutup: Chocolate and Truffle Cake. Makanannya enak walaupun daging bebeknya terlalu kenyal (kata saya).

Acara ditutup dengan hiburan dari grup musik asal Swedia, Timoteij.

20140827_225558

ICPR yang berikutnya akan diadakan tahun 2016 di Cancun, Mexico. Semoga dapat kesempatan lagi untuk mengikuti.

cancunn
Stand ICPR 2016 dan foto cakep Cancun dari atas tempat lokasi penyelenggaraan yang saya ambil dari 500px.com

Foto (yang ada sayanya aja)

2014-08-28 213531
Foto relawan bersama. Karena tidak semua relawan bisa bertugas setiap hari, maka yang difoto ini adalah yang kebetulan ada hari Rabu saja.
IMG_1009-m
Briefing satu hari sebelum penyelenggaraan.
2014-08-25 185450
Mengumpulkan tiket masuk untuk welcome reception di Stockholm city hall.

Galeri foto lainnya bisa dilihat di http://www.cb.uu.se/~kristina/ICPR/demo.php

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s