Stockholm

Stockholm is a dark and cold place.

Kurang lebih itulah yang dikatakan oleh bapak2 pengurus museum Nobel yang memberikan kata sambutan pada acara acara Welcome Reception dari KTH kepada mahasiswa internasional, 15 purnama yang lalu, di Stockholm City Hall. Saya yang baru datang beberapa hari yang lalu seakan terhenyak. Karena sejak saya datang hingga hari itu, Stockholm saya rasakan dalam cahaya yang berbeda. Hangat serta sejuk, walau matahari bersinar begitu teriknya.

Hal itu akhirnya saya rasakan ketika kegelapan menyelimuti Stockholm dari musim gugur hingga 6 bulan ke depan. Dark karena awan tampaknya selalu menggentayangi langit. Cold karena suhu dari bulan Oktober sudah bergelayut di satu digit derajat. Terkadang kabut pekat juga turut menyelimuti sekujur kota. Tidak heran kalau ada mitos yang menyatakan kalau tingkat bunuh diri di Swedia tinggi, walaupun merupakan salah satu negara yang paling bahagia di dunia. Izinkan saya tumpahkan perasaan saya ke dalam puisi.

Matahari tak pernah benar-benar terbit

Dia hanya mengintip dari sela-sela awan yang sempit

Dapatkah kurasakan paparan sinarnya lagi

Perasaan hangat yang kini telah pergi

Mohon maaf kalau puisinya kurang bagus. Maklum dulu S1 saya gelarnya S.Kom alias Sastra Komputer. Untungnya Stockholm dapat kembali dinikmati pada waktu musim panas. Tapi keluhannya sekarang adalah waktu puasa yang lama. Haha, dasar saya yang memang kurang bersyukur.

the_mist
Asap kebakaran hutan Riau baru sampai utara, atau adegan dari film The Mist…

 

Walaupun Stockholm itu sangat indah, tetapi menurut saya ini bukan kota turis yang mempunyai banyak atraksi dibandingkan kota tujuan turis populer lainnya. Meme di bawah mungkin bisa sedikit mengilustrasikan keadaan Stockholm.

Stockhom tourist

Walaupun begitu, jika Anda terlanjur datang berikut tempat yang bisa dikunjungi. Saya kompilasi agar kalau ada yang tanya bisa saya arahkan langsung ke tulisan ini kalau misalkan dia tidak percaya dengan rekomendasi dari trip advisor atau wikitravel.

1. Central, Sergels Torg dan sekitarnya.

Kalau misalkan Anda datang dengan menggunakan pesawat dan turun di bandara Arlanda, atau bis flyggbussarna dari bandara Skavsta, maka Anda akan sampai di Central Stockholm yang merupakan gabungan dari terminal bis (Terminalen), stasiun kereta (Central Station), dan stasiun kereta bawah tanah (T-Centralen). Di Sergels Torg ini yang bisa dilihat antara lain tugu Sergels (bukan nama sebenarnya) dan gedung Kulturhuset yang berisi perpus, teater, cafe, dan miniatur Stockholm.

20140315_171447

20141026_163100
Suka dipakai sebagai tempat demo. Untung berjalan tertib dan tidak rusuh.

 

Pusat pertokoan dan perbelanjaan (H & M, Intersport, Clas Ohlsson) juga dapat dinikmati di sini.

2. Drottninggatan

Dari Sergels Torg, lanjutkan perjalanan menuju kota tua melalui jalan Drottninggatan (Jalan Ratu jika diterjemahkan). Oleh-oleh standar seperti helm Viking bertanduk (walau aslinya cuma mitos) dapat dibeli di sini.

DSC00722

3. Gamla Stan

Gamla Stan memiliki arti Kota Tua. Istana Raja (Royal Palace), gedung Parlemen Swedia (Riksdag), dan museum Nobel dapat dilihat di sini selain Anda menikmati jalan gang sempit di tengah bebatuan bangunan tua.

20140315_170121

 

20140315_170455

4. Stadhuset

Stadhuset, atau Stockholm Public Hall, adalah salah satu landmark andalan kota Stockholm. Tempat ini mungkin paling terkenal sebagai tempat pesta jamuan makan malam untuk pesta Nobel setiap tahunnya.

DSC01145

DSC01135
in the Golden Hall of Mountain King

 

6. Katarina Hissen

Kunjungi Katarina Hissen untuk mendapatkan pemandangan tertinggi di tengah kota Stockholm. Katarina Hissen, yang dialihbahasakan menjadi Lift Katarina, dapat dicapai di Slussen.

DSC00877r

 

DSC01643

Jangan lupa ketika di Stockholm untuk makan di restoran dengan cita rasa lokal, Max. Konon burger-nya paling enak se-Skandinavia. Selain murah dan enak, ada Wi-Fi gratis yang mungkin jarang bisa ditemui di tempat lain di Stockholm.

Selamat jalan-jalan. Salam.

One thought on “Stockholm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s